Jumat, 07 Desember 2012

Soal Sejarah


1. Teori yang menempatkan bangsa India sebagai pemegang peranan aktif
dalam proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia,
yaitu teori ....
a. Brahmana d. Kolonisasi
b. Waisya e. Arus balik
c. Ksatria
2. Proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia dibawa oleh
para pedagang India yang singgah ke wilayah Indonesia. Pernyataan
tersebut merupakan inti dari teori ....
a. Brahmana d. Kolonisasi
b. Waisya e. Arus balik
c. Ksatria
3. Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam
masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan
daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut
merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh ....
a. C.C Berg d. N.J Korm
b. J.L Moens e. Van Leur
c. Majumdar
4. Kekuatan hipotesis Brahmana dalam proses masuknya agama Hindu-
Buddha ke Indonesia terlihat dari ....
a. berkembangnya sistem kerajaan di Indonesia
b. banyaknya bangunan candi yang memiliki seni arsitektur tinggi
c. berkembangnya bahasa Sanskerta
d. berkembangnya upacara-upacara keagamaan
e. banyaknya prasasti yang menggunakan huruf Pallawa
5. Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch mengemukakan
bahwa proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia terjadi
karena peran aktif yang dilakukan oleh ....
a. Golongan Ksatria
b. Golongan Brahmana
c. Golongan Waisya
d. Golongan Sudra
e. Bangsa Indonesia
6. Salah satu bukti yang menunjukkan peran aktif bangsa Indonesia dalam
proses masuknya pengaruh agama Hindu-Buddha di Indonesia, ialah
....
a. Cerita Panji
b. Prasasti Nalanda
c. Candi Borobudur
d. Jaya Prasasti
e. Bahasa Sanskerta
7. Kitab yang digunakan sebagai pedoman atau dasar-dasar dalam pembangunan
suatu candi yaitu kitab ....
a. Atharva Veda
b. Yajur Veda
c. Silpasastra
d. Ramayana
e. Tripitaka
8. Berikut ini ialah kelompok candi yang terdapat di Jawa Timur, yaitu
candi ....
a. Jago, Kidal, dan Badut
b. Kidal, Kalasan, dan Prambanan
c. Penataran, Prambanan, dan Borobudur
d. Penataran, Kalasan, dan Prambanan
e. Jago, Penataran, dan Prambanan
9. Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya
India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ....
a. relief yang dilukiskan pada candi
b. arca atau patung yang terdapat di candi
c. bentuk stupa
d. bentuk candi yang berupa punden berundak
e. hiasan yang terdapat pada candi
10. Di bawah ini merupakan bukti-bukti yang menunjukkan perkembangan
pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, kecuali ....
a. catatan perjalanan Fa-Hien
b. catatan perjalanan I-Tsing
c. Prasasti Nalanda
d. pembangunan Sriwijaya Asrama oleh Raja Airlangga
e. kerja sama antara Hui-Ning dan Jnanabadra dalam penerjemahan
kitab agama Buddha
11.a.) J.C Van Leur
     b) Dr. N.J Krom
     c) Prof. Dr. Ir. J.L Moens
     d) Von Van Feber 
     e) FDK Bosch
Diantara nama-nama diatas, yang manakah yang merupakan pencetus teori arus balik dan brahmana?
a. Von Van Feber dan Prof. Dr. Ir. J.L Moens
b. FDK Bosch dan J.C Van Leur
c. Dr. N.J Krom dan J.C Van Leur
d. Prof. Dr. Ir. J.L Moens dan Von Van Feber
e. FDK Bosch dan Prof. Dr. Ir. J.L Moens

12. Kerajaan-kerajaan dibawah ini merupakan kerajaan yang bercorak Hindu-Budha,kecuali…
a. Kerajaan Sriwijaya
b. Kerajaan Majapahit
c. Kerajaan Ternate dan Tidore
d. Kerajaan Tarumanegara
e. Kerajaan Holing
13. Munculnya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia, dapat dilihat dari beberapa bentuk peninggalannya seperti dibawah ini, kecuali…
a. Seni bangunan
b. Seni rupa/ seni lukis
c. Seni sastra
d. Kepercayaan dan filsafat
e. Ajaran tasawuf
14. Setelah pemerintahan Amengkurat II, kerajaan Mataram bertambah suram dan tahun 1755 kerajaan Mataram terbagi menjadi dua,yaitu daerah Kesultanan Yogyakarta dan daerah Kesuhunan Surakarta. Kerajaan tersebut terbagi menjadi dua berdasarkan perjanjian….
a. Perjanjian Giyanti
b. Perjanjian Bongayya
c. Perjanjian Saragosa
d. Perjanjian Linggarjati
e. Perjanjian Renville
15. Di bawah ini merupakan bukti-bukti yang menunjukkan perkembangan
pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, kecuali ....
a. catatan perjalanan Fa-Hien
b. catatan perjalanan I-Tsing
c. Prasasti Nalanda
d. pembangunan Sriwijaya Asrama oleh Raja Airlangga
e. kerja sama antara Hui-Ning dan Jnanabadra dalam penerjemahan

0 komentar:

Posting Komentar