Jumat, 07 Desember 2012

Soal Sosiologi


1.   Konsep masyarakat Multltikultural dalam gagasan L. Van den Berghe, disebutnya sebagai masyarakat majemuk dengan karakteristik …….
A. Memiliki struktur social yang bersifat komplementer
B. Tidak adanya dominasi politik
C. Sangat mengembangkan konsesus diantara para anggota terhadap nilai-nilai
D. Integrasi social tumbuh diatas kesadaran
E. Secara relative sering terjadi konflik

2.  Dimensi vertical dari struktur masyarakat Indonesia tampak dalam pernyataan bahwa masyarakat Indonesia memiliki perbedaan-perbedaan ….
A.  Suku bangsa D.  Kedaerahan
B.  Agama E.  Lapisan atas dan lapisan bawah
C.  Kebudayaan

3.  Struktur masyarakat Indonesia disamping memiliki elemen-elemen (subsistem) horizontal dan vertical, masing-masing subsistem tersebut terikat dalam ikatan-ikatan yang bersifat …
A.  primordial C.  Orisinil E.  Universal
B.  Superior D.  Aktual

4.  Suatu kenyataan bahwa pantai timur Sumatra lebih dekat dengan Malaysia Barat, Kalimantan barat dengan Malaysia Timur, Minahasa dengan Filipina secara ekonomis daripada dengan Pulau Jawa. Hal ini disebabkan Karena adanya kesenjangan …….
A.  sosiogeografis D.  Materiil
B.  aspek kemasyarakatan E.  politik
C.  aspek materiil

5.  Berikut beberapa istilah yang senada dengan pengertian Masyarakat Multikultural, kecuali …..
A.  Masyarakat Majemuk D.  Masyarakat Dinamis
B.  Masyarakat  Heterogen E.  Masyarakat Plural
C.  Masyarakat Bhineka
6.  Agama adalah sesuatu yang mempersatukan aspirasi yang paling luhur, memberikan pedoman moral, memberikan ketenanan individu dan kedamaian masyarakat, menjadi sumber tatanan masyarakat dan membuat manusia menjadi beradab. Ini merupakan pandangan ….
A.  fungsional C.  Siklus E.  Kemanfaatan
B.  Evolusioner D.  Diskriminatif










Diskursus
NASIONALISME KITA

         Kecenderungan disintegrasi bangsa adalah masalah krusial yang jelas di depan mata. Kasus Aceh, Irian dan  beberapa tempat lain merupakan contoh yang signifikan. Nasionalisme kita hari ini sedang dipertanyakan sebab ia sedang mengarah kehancuran. Eep Saifullah Fatah (1996) menulis bahwa secara embrionik nasionalisme telah terbentuk pada masa  Negara kota di Yunani. Ernest Renant membangun konsep nasionalismenya atas dasar keinginan yang sama dari warga terhadap Negara. Sementara di masa perjuangan, cita-cita kemerdekaan akan dapat dicapai dengan cara membangkitkan rasa “kita” dalam rasa masyarakat Indonesia yang saat itu belum merasa sebagai bangsa. Bung Karno, bung Hatta dan lainnya telah berhasil membangun “kita” sehingga perjuangan semakin terfokus. Karena ada kita maka ada mereka, hal ini semakin memperjelas siapa kawan dan siapa lawan.
Setelah zaman kemerdekaan, “mereka” menjadi tidak ada alias lenyap. Mereka sebagai musuh bersama telah tiada. Mereka hari ini adalah adalah kawan-kawan sendiri. Pemberontakan daerah, tuntutan merdeka baik di Aceh maupun di tempat lain termasuk Papua menunjukkan rasa kita telah tiada. Pembangunan yang dilaksanakan tidak melahirkan rasa keadilan. Aceh pernah mengalami ketertekanan dan konflik kepentingan bahkan hingga hari ini. Papua telah diperas tanpa balasan yang seimbang. Saat pemerintah dan elit tidak melebur dengan rakyat dan seluruh komponen kebangsaan, maka yang terjadi ada dua blok kita dan mereka. Padahal dalam nasionalisme yang harus dibangun adalah kITA . (Japar Akhyar, Msi: Sosialita, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Jakartal  Vol.I No. 2 Juli 2001)

7.  Nasionalisme adalah …….
A. Paham yang menekankan diri pada upaya membangun masyarakat tanpa kelas
B. Paham yang berfokus pada usaha mengumpulkan modal
C. Paham  yang berusaha mengatasi egoitas kelompok
D. Paham yang menghendaki pemusatan pada kebebasan individu
E. Paham yang mendasarkan teorinya pada gagasan Darwin tentang Teori Evolusi

8.  Disintegrasi artinya ……
A. Penyatuan wilayah-wilayah konflik
B. Perjuangan menggapai kemerdekaan
C. Nasionalisme dalam arti sempit
D. Perpecahan dalam suatu Negara
E. Pembentukan semangat baru dalam bernegara

9.  Wilayah di bagian dari Negara KITA, yang pernah terbangun keinginan untuk pisah dengan Indonesia  kita adalah, kecuali…….
A. Aceh  C.  Riau E.  Palembang
B. Papua  D. Banten

10.  Berikut adalah kata yang satu makna dengan kata KITA kita dalam artikel tersebut …..
A. Kebersamaan
B. Silang pendapat
C. Beda idiologi
D. Keserakahan
E. Penjajah

11.  Maksud  “Nasionalisme yang dipertanyakan” adalah sebagai berikut, kecuali ……..
A. Kesatuan dalam ikatan kebangsaan yang kuat
B. Kawan menjadi lawan
C. Kita menjadi mereka
D. Pemerintah menjajah rakyatnya
E. Pejabat Korupsi dan makan harta rakyat


12.  Berikut ini adalah contoh-contoh gerakan kebangkitan, kecuali …….
A. Kejawen C. Komunitas Eden E.  Ahmadiyah
B. Ratu Adil D.  Cargo Cult

13.  Proses asimilasi akan menjadi lebih mudah apabila ada factor-faktor berikut ini, kecuali …..
A.  Sikap toleransi terhadap kelompok lain yang memilikik kebudayaan yang berbeda.
B.  Sikap menghargai orang asing dan kebudayaannya
C.  Persamaan dalamunsur-unsur kebudayaan
D.  Adanya musuh bersama dari  luar
E.  Adanya prasangka

14.  Suatu proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber ala, energi, modal, pengaturan baru dari tenaga kerja, penggunaan teknologi, system produksi maupun produk yang baru merupakan pengertian dari ….
A.  Asimilasi  C.  Discoveri  E.  Enkulturasi
B.  Inovasi  D.  Intention

15.   Sebab kawan bisa menjadi lawan, kecuali …….
A.  karena kawan kita telah mengkorupsi uang rakyat
B.   Karena kawan kita adalah jiwa bersih yang bisa memahami arti kata KITA
C.  Karena kawan kita telah merasa paling hebat dan paling benar ddari semua
D.  teman  kita tidak lagi menndengar suara kita yang
E.  karena kawan kita Kurang punya kesadaran untuk bersama satu bangsa

0 komentar:

Posting Komentar